Apa Itu Overclock?

gamebocor

Administrator
Staff member
Apa Itu Overclock?



Apa Itu Overclock? Overclock atau Overclockingadalah salah satu cara untuk meningkatkan clock rate pada sebuah CPU sehingga dapat bekerja lebih cepat.​



Saat bermaingameataurenderingvideo, terkadang komputer tidak dapat mengerjakan proses dengan lancar. Hal itu disebabkan karenahardwareyang dipakai tidak memadai. Setiaphardwareyang ada pada komputer memang memiliki batas penggunaannya.

Bila anda menjumpai kasus seperti itu, anda dapat mencoba untuk mengerjakanoverclockagar dapat menjalankan operasi lebih banyak.

Secara sederhana,overclockakan memaksahardwaresepertiCPUuntukbekerja melebihi batas yg sudah diatur. Ada kelebihan & resiko yg akan dialami kalau kalian mengerjakannya. Maka dari itu, kalian harus mengetahui terlebih dahulu mengenaioverclock.

Apa ItuOverclock?

Apa Itu Overclock?


Overclockadalah salah satu cara untuk meningkatkanclock ratepada sebuahCPUsehingga dapat bekerja lebih cepat. Pada dasarnya,CPUkomputer memiliki pengaturandefaultdari pabrik untuk dapat bekerja dengan laju tertentu.

Untuk bekerja secara maksimal, diperlukan pendharapCPUagar tidak menimbulkan masalah yg dapat menyebabkan kerusakan. Meski saat ini, banyakCPUyang memiliki kinerja bagus, tak sedikit pengguna yg merasa kurang dengan performanya.


KecepatanCPUdapat ditingkatkan dengan cara mengerjakanoverclocking.Cara ini akan memaksaCPUuntuk mengerjakan operasi lebih banyak setiap detiknya. Komputer denganCPUyang sudah dioverclockdipastikan akan lebih bagus kinerjanya.

Biasanya ini dilakukan oleh paragameryang harap memainkangamePCyang berat. Atau paraeditorvideo maupun animasi untuk keperluanrendering.

Cara ini terbukti dapat menciptakan laju CPU meningkat. Akan tetapi, imbasnya akan menciptakanhardwaretersebut jadi cepat panas. Maka dari itu, butuh yg namanya pendharapCPUkhusus yg dapat menurunkan suhunya. Dengan cara ini, akan sedikit meminimalisir kemungkinan kerusakan yg mungkin akan terjadi pada CPU.

Jika harap mengerjakanoverclocking,kalian harus tau resikonya terlebih dahulu.Overclockingakan menciptakan usia pakaihardwareberkurang, bahkan rusak. Kemungkinan lain sepertiblue screenataupun kebakaran pada komputer dapat saja terjadi.

Panas yg berlebihan & tidak diimbangi dengan sistem pendharapan yg baik jadi salah satu penyebabnya.

KelebihanOverclocking

Apa Itu Overclock?


Setiap orang memiliki alasan tersendiri saat mengerjakanoverclock.Beberapa kelebihan ini menciptakan mereka yakin untuk mengerjakannya.

Performa Komputer Lebih Tinggi

Overclocktidak cuma dilakukan padaCPUsaja, dapat juga diterapkan padaRAMmaupunVGA.Jika semua perangkat yg memungkinkan untuk dioverclock,kalian dapat mengerjakannya.

Hal itu akan menciptakan performa komputer meningkat. Sehingga dapat menjalankan berbagai program sekaligus tanpa khawatir komputer tidak kuat. Namun tetap, kalian harus mengpakainya dengan batas wajar.

Lebih Hemat

Hardwarekomputer memiliki harga yg berbeda-beda tergantung dengan performanya. Semakin tinggi performanya akan menciptakan hargahardwaremenjadi lebih mahal. Untuk mengatasi hal itu,overclockdapat jadi pilihan.

Kalian tidak perlu membelihardwareyang lebih mahal, cukup dengan mengerjakanoverclockingdihardwarelama. Dengan begitu, kalian akan lebih berhemat untuk keperluan komputer.

Perangkat Bekerja Maksimal

Overclockakan menciptakanhardwaremampu bekerja secara maksimal. Dengan begitu, program yg awalnya tidak dapat dijalankan, nantinya dapat berjalan lebih lancar setelahoverclocking.Kalian dapat mengerjakanoverclockpadahardwareyang paling penting sesuai dengan kebutuhan.

Penasarankan bagaimana cara mengerjakan overclock sehingga meningkatkan kinerja CPU anda, baca selengkapnya diEsportsnesi



Ikuti perkembangan esports Indonesia melalui Esportsnesia​

Subscribe Daily Esports - Konten Harian Esports Terbaru dari Esportsnesia ya. Klik linkhttps://t.me/dailyesports
Baca konten esports lainnya dihttps://esportsnesia.com
Temukan event-event esports sekitarmu dihttps://esportsnesia.com/kalender

Follow:

Join Komunitas Esports:
https://www.facebook.com/groups/Esportsnesia
Hari ini 11:09
 

Our Partner

Top