Apa Itu Kriptorkismus, Kelainan Genital Anak Keempat Oky Setiana Dewi?

gamebocor

Administrator
Staff member

Apa Itu Kriptorkismus, Kelainan Genital Anak Keempat Oky Setiana Dewi?


Hai Gansist! Ketemu lagi dengan thread aku, nih!

Setelah pemberitaan kelainan genital hipospadia yg dialami Aprilia Manganang, mantan pebola voli nasional yg kini jadi anggota TNI. Kini ada peristiwa sejenis yg dialami anak ustad Oky Setiana Dewi. Tapi sedikit berbeda, sih! Anak ke-4 ustad Oky ini menderita kelainan genital yg bernama Kriptorkismus.

Apa itu Kriptorkismus?

Kriptorkismus adalah kelainan genital pada seorang bayi laki-laki di mana testisnya belum turun & masuk ke kantong skortum. Lho, testisnya kemana? Di dalam kandungan testis terbentuk & berada di dalam rongga perut. Seiring berjalannya perkembangan janin, testis akan turun & masuk ke dalam kantong skortum.

Kriptorkismus ini jarang terjadi, biasanya terjadi pada bayi yg lahir secara prematur. Namun setelah beberapa bulan di awal bayi lahir, sekitar 4 bulanan testis akan turun & masuk sendiri ke dalam kantong skortum.

Apakah penyebab Kriptorkismus?

Adapun penyebab Kriptorkismus belum dapat diketahui dengan pasti. Hanya saja ada beberapa faktor yg mempengaruhi, antara lain;
Faktor genetik, keturunan
Kesehatan ibu selama mengandung
Faktor lingkungan janin dalam rahim ibu dapat mengganggu hormon
Aktivitas saraf yg mempengaruhi perkembangan testis sehingga penurunan testis tertunda atau terhenti.

Apa Itu Kriptorkismus, Kelainan Genital Anak Keempat Oky Setiana Dewi?


Nah, di samping penyebab tentu saja resiko-resiko yg mempengaruhi bayi dalam kandungan sehingga mengalami kelainan genital, Kriptorkismus. Adapun resiko yg mempengaruhi di antaranya;
Bayi lahir belum waktunya, lahir dalam keadaan prematur.
Bayi lahir dengan bobot yg tidak ideal, di bawah 2,5 Kg.
Riwayat keluarga yg pernah ada yg menderita Kriptorkismus.
Ibu hamil mengonsumsi alkohol.
Terpapar asap rokok atau malah merokok selama kehamilan.
Terkena/keracunan pestisida saat ibu hamil.

Memang selama mengandung seyogyanya, sang ibu sering mengerjakan & membudayakan hidup sehat dengan makan yg seimbang. Agar pertumbuhan bayi di dalam kandungan tidak terganggu. Itu salah cara supaya bayi yg di kandung tumbuh dengan baik, & tidak akan mengalami kelainan-kelainan seperti Kriptorkismus.

Bagaimana penanganan Kriptorkismus?

Bila bayi yg dilahirkan mengalami kelainan Kriptorkismus, ada beberapa cara dalam penanganannya yakni;

Terapi hormon yakni dengan menyuntikikan hormon chorionic gonadotropin (HCG). Suntikan hormon ini dipercaya sanggup menurunkan testis ke dalam kantung skortum. Namun terapi ini kurang dianjurkan karena akurasi keberhasilan belum pasti.

Terapi medis, cara yg paling tepat yakni dengan mengerjakan terapi medis atau operasi pembedahan. Terkadang orang tua merasakan kasihan melihat bayi sekecil itu dioperasi. Sebaiknya pelaksanaan operasi pada bayi umur sekitar 6 bulanan, sebelum 12 bulan.
Karena kalau dalam umur tersebut dapat menghindari juga menurunkan risiko komplikasi dari Kriptorkismus, seperti kemandulan & kanker testis pada si bayi.

Apa Itu Kriptorkismus, Kelainan Genital Anak Keempat Oky Setiana Dewi?


Nah, itu tadi pembahasan tentang Kriptorkismus. Apapun penyakit bila penanganannya tepat & diketahui sejak dini, dapat mengurangi resiko-resiko sampingan yg ditimbulkan. Sehat memanglah anugerah yg mahal & mungkin tak dapat dirupiahkan.

Gansist, yg sedang hamil atau calon bapak, tidak ada salahnya sering memiliki pola hidup sehat. Dengan pola hidup sehat dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga sanggup menangkal segala penyakit yg datang.

Tetap membudayakan hidup sehat supaya terhindar segala penyakit. Sebetulnya segala penyakit yg datang adakalanya dikarenakan pola hidup kita yg kurang baik. Semoga kita dijauhkan dari segala penyakit.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat & hingga ketemu pada thread saya selanjutnya. See you next thread!

Referensi: 1 2
Gambar: google images
Hari ini 11:56
 

Our Partner

Top