7 Super Sentai Era Showa, Mari Bernostalgia!

gamebocor

Administrator
Staff member
Hen ........

7 Super Sentai Era Showa, Mari Bernostalgia!


7 Super Sentai Era Showa, Mari Bernostalgia!


Super Sentai memang tidak ane ketahui di masa masa anak-anak, sebab ane lebih mengenal "Power Ranger". Namun setelah ane tahu kemudian kalo ternyata Power Ranger adalah adaptasi Super Sentai dari Jepang. Ane pun mulai menonton beberapa Super Sentai, yg hingga saat ini serialnya sudah lebih dari empat puluh judul, keren.

Sekilah tentang Super Sentai.

Spoiler for Super Sentai:
Seri Super Sentai adalah salah satu regu superhero Jepang sudah lumayan lama, diproduksi oleh Toei & Bandai kemudian ditayangkan oleh TV Asahi , lalu diadaptasi sebagai Power Rangers. Termasuk ke dalam Tokusatsu, yaitu acara yg menampilkan berbagai aksi & efek khusus, & pasarnya ditujukan khususnya untuk keluarga. Super Sentai merupakan salah satu produksi tokusatsu paling terkenal di Jepang, bersama dengan Seri Ultraman, Seri Kamen Rider.



Ane mulai mencoba menonton Super Sentai & Power Ranger sebagai sebagai nostlagia, (yang sebelumnya ane tonton di masa kecil sebagai Power Rangers) sebagiannya karena emang ane suka, melihat para pahlawan berkostum warna-warni berubah, melihat ragam musuh yg beragam, memanggil zord yg keren, ledakan-ledakan, mengikuti cerita nya yg mudah ditebak tetapi asik & efek-efek visualnya.

Nah kemudian ane pun tertarik untuk menciptakan list beberapa super sentai dari Era Showa ke Heisei, hingga ke Era Reiwa dari dulu hingga sekarang.


ERA SHOWA

Spoiler for Era Showa:
Periode Shwa, secara harfiah berarti "periode perdamaian / harmoni yg tercerahkan", atau era Shwa adalah periode sejarah Jepang yg berkaitan dengan masa pemerintahan Kaisar Shwa, Hirohito, dari 25 Desember 1926 hingga 7 Januari 1989.


Berikut ini 7 Super Sentai di Era Showa

Quote:
1. Himitsu Sentai Gorenger (1975-1977)

7 Super Sentai Era Showa, Mari Bernostalgia!


Seri Sentai pertama, Himitsu Sentai Gorenger yg diciptakan oleh almarhum Shotaro Ishinomori (1938-1998), pencipta Kamen Rider & Cyborg 009. Ia tidak lagi menciptakan seri Sentai setelah seri keduanya, JAKQ Dengekitai.Kedua seri ini awalnya sama-sama cuma disebut Sentai & bukan merupakan bagian dari seri Super Sentai hingga tahun 1994 ketika Toei memutuskan untuk memasukkannya sebagai Super Sentai pertama. Serial ini jadi Super Sentai terpanjang dengan 84 Episode.

7 Super Sentai Era Showa, Mari Bernostalgia!


Goranger adalah regu mata-mata berteknologi super yg melawan punggawa monster teroris rahasia, Tentara Salib Hitam.

Tentara Salib Hitam menghancurkan Jepang, membunuh semua yg menentang mereka. Lima rekrutan muda EAGLE (EArth Guard LEague) mantep juga ini singkatan, EAGLE sebuah organisasi bentukan PBB, secara ajaib dapat bertahan. mereka diberi kunci khusus, kemudian dipanggil ke warung "Snack Gon", yg merupakan pintu rahasia menuju pusat komando utama EAGLE Jepang. Edogawa komandan EAGLE Jepang memberi tahu mereka bahwa mereka adalah punggawa rahasia yg bernama "Gorenger", yg akan melawan punggawa Tentara Salib Hitam. Dipersenjatai dengan pakaian perang & senjata spesifik lainnya yg dibuat oleh para ilmuwan EAGLE, mereka bertempur melawan Tentara Salib Hitam & mengabdikan diri untuk menghancurkan punggawa Tentara Salib Hitam beserta pemimpinnya, Fhrer.​


Quote:
2. Battle Fever J (1979-1980)

7 Super Sentai Era Showa, Mari Bernostalgia!


Ditayangkan pada 1979, menampilkan pahlawan super internasional. Serial ini merupakan hasil kerja sama Marvel Comics & Toei, setelah Toei & Marvel bekerja sama dalam Spider-Man, menampilkan tabiat yg menyerupai Captain America & Miss America (hayo yg mana?). Battle Fever J menampilkan robot raksasa untuk perdana kalinya, Sejak saat itu, nama resmi serial tersebut jadi Super Sentai.

7 Super Sentai Era Showa, Mari Bernostalgia!


Battle Fever J jadi seri perdana yg mengpakai istilah Super Sentai (seri sebelumnya cuma Sentai tanpa Super) untuk waktu yg lama, Battle Fever J dianggap Super Sentai pertama, hingga Toei mengumumkan pada tahun 1994 bahwa pendahulunya Gorenger & JAKQ juga merupakan bagian dari seri Super Sentai, ketika Toei mengumumkan Chouriki Sentai Ohrangersebagai Super Sentai ke-19.

7 Super Sentai Era Showa, Mari Bernostalgia!


Pada suatu ketika Jenderal Kurama mengumpulkan empat agen muda dari seluruh dunia untuk pelatihan. Mereka bergabung dengan penyidik FBI Diane Martin, yg ayahnya dibunuh oleh Egos (penjahatnya). Bersama Diane Martin, Kelima orang tersebut jadi regu Battle Fever. Egos mencoba menghentikan pembangunan Robot, tetapi monster yg mereka kirim untuk mengerjakan tugas ini dikalahkan satu per satu oleh regu Fever yg sangat kece.​


Quote:
3. Taiyou Sentai Sun Vulcan (1981-1982)

7 Super Sentai Era Showa, Mari Bernostalgia!


Ditayangkan pada tahun 1981 & jadi sekual dari Densi Sentahi Denziman, dengan tabiat Ratu Hedrian dari Machiko Soga kembali (sebelumnya sudah mati). Ini menampilkan robot kombinasi perdana yg dipakai, sebuah tren yg berlanjut di seluruh Seri Super Sentai.

Selain karena disebut sekual Denziman, seri ini terkenal karena banyak "melanggar tradisi" Sentai sebelumnya dengan ide-ide baru untuk mrngembangkan franchise super Sentai. Sun Vulcan adalah Super Sentai perdana dengan format regu tiga orang yg dibentuk dengan konsep "udara | tanah | air" untuk mewakili tiga elemen Bumi, juga menetapkan prioritas regu yg cuma terdiri dari tiga anggota, & jadi satu-satunya super Sentai dengan 3 anggota hingga akhir. Super Sentai perdana & satu-satunya yg memiliki regu yg semuanya laki-laki. Menjadi Super Sentai perdana yg mengpakai representasi regu oleh hewan dengan anggotanya diwakili oleh elang, hiu, & macan kumbang.

7 Super Sentai Era Showa, Mari Bernostalgia!


Pada suatu ketika ancaman dari Machine Empire Black Magma menyebabkan EPDS (Earth Peace Defense Squad) memutuskan untuk mendirikan Skuat Khusus. Dari Angkatan Udara, Angkatan Laut, & Angkatan Darat, Komandan Arashiyama mengumpulkan tiga orang spesifik untuk jadi Sun Vulcan. Mengetahui itu Black Magma menyerang pangkalan EPDS, tetapi Sun Vulcan memulai debutnya pada waktunya yg tepat (bentuk plot seperti ini banyak diadaprasi dalam Super Sentai lain). Namun meskipun dengan Ratu Hedrian yg dihidupkan kembali melawan Black Magma masih sulit juga. Sampai pangkalan luar angkasa Sun Vulcan dihancurkan. Berjuang-berjuang. Apakah Sun Vulcan sanggup mengalahkan Black Magma.
Heeeen ...​


Quote:
4. Kagaku Sentai Dynaman (1983-1984)

7 Super Sentai Era Showa, Mari Bernostalgia!


Ditayangkan pada tahun 1983 & merupakan seri perdana yg mengpakai kostum "spandeks" untuk Super Sentai & merupakan seri perdana yg melepaskan syal dari kostum.Ide awal seri ini adalah Super Sentai bertema bisbol, namun kemudian berganti jadi tema sains. Produser Takayuki Suzuki bahkan mengatakan stafnya mengpakai "jumlah bubuk mesiu tertinggi". Sehingga judulnya pun mengandung mengatakan dyna yg dipelesetkan dari dynamit, dibuang "mit" nya diganti "man" jadi Dynaman.

7 Super Sentai Era Showa, Mari Bernostalgia!


Pada suatu ketika The Jashinka Empire keluar dari kedalaman bumi untuk menaklukkan bumi bagian atas. (penjahat bawah tanah emang popuper)

Untuk menghentikan mereka, Dr. Yumeno mengumpulkan lima penemu ke laboratoriumnya, Yumeno Invention Laboratory, & memberi mereka kekuatan untuk jadi Dynaman. Awalnya setiap anggota punya kepentingan masing-masing, yg kemudian bersatu untuk menghentikan Kekaisaran Jashinka bersama-sama.

7 Super Sentai Era Showa, Mari Bernostalgia!


Quote:
5. Dengeki Sentai Changeman (1985 - 1986)

7 Super Sentai Era Showa, Mari Bernostalgia!


Ditayangkan pada tahun 1985 & menampilkan Super Sentai yg didasarkan pada hewan mitologi Eropa. Changeman adalah seri perdana yg menampilkan senjata gabungan, yg dibentuk dari senjata perseorangan lima anggota tim.

Serial ini memiliki 55 episode, menjadikannya Super Sentai terpanjang kedua setelah Gorenger. Sedikit lebih banyak dari kebanyakan Super Sentai.

7 Super Sentai Era Showa, Mari Bernostalgia!


Pada suatu ketika setelah menaklukkan ratusan planet, Liga Bintang Besar Gozma masih belum juga puas & mulai melirik-lirik Bumi. Untuk mempertahankan diri, kekuatan militer memulai Angkatan Pertahanan Bumi , yg terdiri dari anggota elit dari semua bidang militer. Di bawah supervisi Komandan Ibuki, tentara Angkatan Pertahanan Bumi yg berkumpul memulai pelatihan keras.

Serangan perdana Gozma melenyapkan mereka yg mengganggu pencaplokan nya ke Bumi. Setelah pelatihan yg sangat berat, Beberapa orang di Angkatan Pertahanan Bumi malah kesal dengan cara kejam Ibuki & meninggalkan sesi pelatihan. Pasukan Gozma terus mengerjakan serangan-serangan.

Lima orang dari pelatihan kejam Ibuki pun terpilih oleh Bumi, bumi bergetar & memberikan kelima orang tersebut Kekuatan ya kekuatan Bumi, Kekuatan binatang mitologi. Dengan kekuatan tersebut, Angkatan Bumi dengan beragam teknologi militer pun memulai perang mereka melawan Gozma.​


Quote:
6. Hikari Sentai Maskman (1987 - 1988)

7 Super Sentai Era Showa, Mari Bernostalgia!


Ditayangkan pada tahun 1987, Maskman menampilkan prajurit keenam perdana yg muncul cuma untuk satu episode. Hikari Sentai Maskman jadi salah satu Super Sentai terbaik di era Showa, dari akting para aktor, desain kostum, konsep, lagu pembuka yg legendaris, yg perdana mengahadirkan kendaraan setiap anggota.

Plot ceritanya yg beda dari kebanyakan super sentai, perjuangan si merah kepada sayangnya pada Mio, yg ternyata putri kerajaan bawah tanah Tube. (plot twist)

Dimulai dengan Komandan Sugata, seorang ilmuwan yg menguasai ilmu mental & merupakan master dari seni bela diri. Dalam penelitian nya, ia menemukan keberadaan Kerajaan Bawah Tanah, Tube. Suatu kerajaan dengan kekuatan dahyat yg harap menguasai permukaan bumi. Tube awalnya tidak punya ambisi menguasai permukaan.

7 Super Sentai Era Showa, Mari Bernostalgia!


Namun, ketika Zeba naik takhta, Tube mulai berencana untuk menaklukkan dunia. Tujuan baru Tube adalah mengubah dunia jadi planet yg dharap & teduh, kondisi yg harus dicapai supaya warga Tube dapat hidup di permukaan. Untuk menggagalkan rencana Zeba, Sugata merekrut lima orang muda, yg masing-masing punya keahlian seni bela diri. Sugata kemudian mengajari mereka cara-cara mengeluarkan energi mistik yg disebut "Kekuatan Aura".

7 Super Sentai Era Showa, Mari Bernostalgia!


Setahun setelah Sugate merekrut & melatih para Maskman, Tubepun sudah siap menyerang. Seorang Putri dari Tube, dikirim sebagai mata-mata permukaan dengan nama samaran Mio, yg malah jatuh sayang dengan Takeru (red maskman), yg kemudian berharap supaya mereka yg tinggal di bawah tanah dapat hidup berdampingan dengan mereka yg ada di permukaan. Sebuah kisah romantis dalam Super Sentai.​


Quote:
7. Choujuu Sentai Liveman (1988 - 1989)

7 Super Sentai Era Showa, Mari Bernostalgia!


Hubungan antara Super Sentai & penjahat yg sangat memilukan, menampikan perdana kalinya ranger biru wanita, kombinasi perdana dua robot yg bergabung jadi satu yg lebih kuat. Banyak terobosan pada Super Sentai penutup generasi Showa ini. Ditayangkan pada tahun 1988 & menampilkan penambahan perdana dua anggota regu baru ke regu yg semula tiga orang.

Pada suatu ketika di Pulau Academia, yg merupakan letak dari sekolah bagi para ilmuwan.Suatu hari, tiga siswa terbaik Academia, Tsukigata, Senda, & Omura merasa talenta mereka disia-siakan di Academia & pergi.Pada malam keberangkatan mereka, teman sekelas mereka Yusuke Amamiya, Joh Ohara, Megumi Misaki, Takuji Yano, & Mari Aikawa melihat mereka pergi.Ketika ditanya kemana mereka akan pergi, Tsukigata menodongkan pistol ke lima (mantan) temannya. Dua orang mati atas kejadian tersebut.

Sebelum kematian dua orang, yaitu Takuji & Mari ternyata mereka bekerja bersama dengan Yusuke, Joh, & Megumi untuk menciptakan setelan (kostum) yg cukup kuat untuk eksplorasi ruang angkasa.Salah satu profesor di sekolah, Profesor Hoshi menolong mereka menyelesaikan penemuaan tersebut.Hoshi juga khawatir akan ada serangan dari luar angkasa, dengan begitu ia menolong persiapan menghadapi serangan di masa depan.

7 Super Sentai Era Showa, Mari Bernostalgia!


Dua tahun kemudian, Academia meluncurkan pesawat ulang-alik untuk eksplorasi luar angkasa.Namun, sebuah kapal misterius muncul & menghancurkan pesawat ulang-alik tersebut.Yusuke, Joh & Megumi yg ikut dalam eksploitasi ulang-alik tersebut selamat (tuh mirip yak plotnya). Ternyata yg menghancurkan pesawat mereka adalah 3 orang dari Academia yg dulu pergi yaitu Tsukigata, Senda, & Omura yg sudah jadi bagian dari Volt (penjahat luar angkasa). Akhirnya Yusuke, Joh, & Megumi mengambil kekuatan dari proyek yg menjadikan mereka Liveman & bertempur melawan mantan teman sekelas mereka. Memilukan sekali.


Demikian trit ane tentang 7 Super Sentai di Era Showa, ada 12 serial super sentai di Era Showa, agan dapat tambahkan di bawah, silahkan bernostalgia bagi generasi yg sudah lahir di masa itu, juga masa setelahnya. Selanjutnya Super Sentai Era Heisei, Sampai berjumpa di trit ini juga trit yg lain


Ane pamit ...

Tinggalkan Jejak


emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Blue Guy Bata (L)
emoticon-Rate 5 Star


Terimakasih

Referensi : di sini, di sini

Sumber gambar : google images​

Hari ini 15:58
 

Our Partner

Top