6 Rujak Khas Bali yg Boleh Banget Buat Gan-Sis Cobain

gamebocor

Administrator
Staff member
Kaskus DeYudi69 -Gan-Sist suka makan rujak? Kalo ane, suka banget makan rujak Gan-Sis, dulu bahkan ane dapat makan rujak hingga tiga kali dalam sehari, pokoknya kalo nggak makan rujak nggak afdol dah rasanya. Udah kecanduan banget. Sebelum ane kena mag wkwkwk.

Nah, berikut ini ane bakalan ngebahas beberapa tipe rujak yg ada di daerah ane di Bali, yg biasanya bakalan mudah dijumpai di setiap warung rujak. Dan biasanya sih, setiap dagang rujak yg ada di Bali pasti bakalan menjual makanan khas Bali lainnya seperti tipat cantok, & juga es daluman (es cincau).

Langsung aja deh, berikut ini beberapa rujak khas Bali yg dapat Gan-Siat icip-icip kalau lagi liburan ke Bali.

1. Rujak Bumbu Gula Bali

6 Rujak Khas Bali yg Boleh Banget Buat Gan-Sis Cobain

sumber gambar

Bahan dasar untuk buahnya dapat buah apa aja, seperti nanas, pepaya mengkal, mangga muda, mentimun, bangkuang dll atau campuran dari semua buah itu. Yang membedakannya yaitu penggunaan "gula bali" pada campuran bumbunya. Gula bali ini sendiri biasanya terbuat dari nira lontar (tuak pohon daun lontar), bukan dari tuak pohon lelapa. Rasa gulanya lebih manis & pekat. Bahan bumbunya antara lain, gula bali, garam, cabe rawit, sedikit terasi, & air mineral secukupnya.

2. Rujak Gula Bali Asem

6 Rujak Khas Bali yg Boleh Banget Buat Gan-Sis Cobain

sumber gambar

Sama seperti rujak gula bali yg ane sebutkan di atas, komponen bumbunya juga sama, cuma ditambahin sama asam jawa. Duh, asem pedes manis & asinnya pas banget pokoknya.

3. Rujak Bumbu Gula Pasir

6 Rujak Khas Bali yg Boleh Banget Buat Gan-Sis Cobain

sumber gambar

Nah, kalau yg ini juga kaporit, eh, pavorit ane banget dah. Apalagi kalo buahnya make mangga muda yg asem-asem manis gitu. Atau yg buahnya make tipe mangga madu, duh nampol banget dah segernya. Bumbunya antara lain terdiri dari, cabe rawit merah, garam, gula pasir, terasi yg sudah dipanggang sebelumnya, trus dikasi air mineral dikit, diulek di cobek sampe halus trus campur sama buah mangganya ... hmmm yummy.

4. Rujak Kuah Pindang

6 Rujak Khas Bali yg Boleh Banget Buat Gan-Sis Cobain

sumber gambar

Nah, bagi Gan-Sist yg pernah melancong ke Bali, atau yg sudah lama tinggal di Bali pasti minimal pernah nyobain rujak yg satu ini, rujak kuah pindang rasanya gurih asin gimana gitu mantul dah pokoknya. Komponen dasarnya sama aja mengpakai buah-buahan lokal dari Indonesia, yg membedakannya adalah campuran bumbunya yg mengpakai campuran kuah pindang.

Kuah pindang seperti namanya adalah kuah yg dihasilkan dari rebusan ikan pindang. Jadi dalam bumbu rujak ini yg terdiri dari cabe rawit, garam, gula pasir, terasi yg sudah dipanggang, & terakhir kuah pindang. Kalau Gan-Sis liburan ke Bali cobain deh rujak yg satu ini.

5. Rujak Bulung (Rujak Rumput Laut)

6 Rujak Khas Bali yg Boleh Banget Buat Gan-Sis Cobain

sumber gambar

Yang ini juga bikin nagih banget kayak kecanduan pokoknya kalau Gan-Sis menyukainya. Rujak rumput laut, yg mana orang Bali menyebutnya dengan bulung terdiri dari tiga tipe bulung, kalau di Bali biasanya penjualnya bakalan nawarin mau make bulung putih, bulung hijau, atau bulung boni, atau campuran dari ketiga bulung itu. Ane sendiri nggak tau nama bahasa Indonesianya dari masing-masing bulung itu, cuma Gan-Sis kalau mau membelinya boleh milih yg mana aja dari ketiga tipe rumput laut itu. Bahan dasarnya, tentu saja rumput laut yg sudah dibersihkan & direbus. Trus bumbunya make bumbu rujak kuah pindang, cuma bedanya ditambahin parutan kelapa bakar, sama sedikit parutan lengkuas. Gurih banget pokoknya Gan-Sis.

6. Rujak Boni

6 Rujak Khas Bali yg Boleh Banget Buat Gan-Sis Cobain

sumber gambar

Rujak boni memakai buah boni sebagai bahan dasarnya, rasanya asem-asem kecut asin manis gimana gitu, bikin air liur mengucur deras pokoknya. Bumbunya terdiri dari, cabe rawit merah, garam, gula pasir, & terasi yg sudah dipanggang. Biasanya kalo makan rujak ini ribetnya cuma di makan sambil berusaha biar nggak nelen biji boninya aja.

Nah, itu dia beberapa rujak khas Bali yg boleh banget buat Gan-Sis cobain kalo mampir ke Pulau Dewata.

Kalo Gan-Sis abis ngebaca thread ane ini jadi pengen makan rujak, coba deh Gan-Sist buat rujak buah seperti yg ada di dalam video di bawah ini, mudah simpel & nggak pake ribet kok. Bisa pake buah apa aja yg Gan-Sis sukai.

Spoiler for video cara mudah buat rujak:



Selamat mencoba, & makasi ya sudah membaca thread ane hingga habis. Jumpa lagi pada thread ane selanjutnya.

Penulis : DeYudi69


Sumber referensi : opini pribadi
Hari ini 20:23
 

Our Partner

Top